AirAsia QZ 8501 Ditemukan

Bagaimana AirAsia QZ 8501 Bisa Ditemukan?

Tim pencari akhirnya berhasil menemukan lokasi jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 yang hilang sejak Minggu pagi. Beberapa negara terlibat dalam aksi pencarian. Bagaimana sampai lokasi bisa ditemukan?


Pencarian AirAsia QZ 8501 dilanjutkan hari Selasa (30/12) dengan bantuan beberapa negara, antara lain Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Australia dan Cina. Akhirnya sekitar pukul 12 siang WIB, makin jelas bahwa tim pencari sudah menemukan lokasi jatuhnya pesawat naas itu.

Petunjuk pertama mengenai lokasi kecelakaan berasal dari keterangan para nelayan lokal yang kemudian disampaikan pada Kepolisian Air.

Inilah kronologi penemuan lokasi jatuhnya AirAsia QZ 8501 yang membawa 155 penumpang dan 7 awak pesawat, yang kami rangkum dari kantor berita AFP, DPA dan situs merdeka.com.

10.43 WIB: Kepolisian Perairan Polda Kepulauan Bangka Belitung menerima laporan penemuan serpihan benda berbentuk segi empat. Laporan itu berasal dari seorang nelayan asal Kecamatan Belinyu pada Senin (29/12), malam.

11.41 WIB: Badan SAR Nasional mengirimkan dua unit pesawat ke lokasi ditemukannya serpihan benda yang dilaporkan oleh nelayan asal Kecamatan Belinyu pada Senin (29/12), malam.

12.41 WIB: Benda mirip pintu darurat pesawat terlihat tim pencari pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang. Informasi ini disampaikan oleh kantor berita AFP lewat akun Twitternya.

13.37 WIB: Tim SAR melaporkan penemuan sejumlah serpihan benda yang diduga pesawat AirAsia QZ 8501. Fotografer AFP yang ikut dalam penerbangan mencari AirAsia melihat serpihan-serpihan itu mengapung di laut.

14.50 WIB: Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo menyatakan serpihan-serpihan ditemukan di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

14.59 WIB: Basarnas menetapkan Bandara Iskandar di Pangkalanbun sebagai pusat evakuasi penumpang AirAsia. Bandara ini dipilih karena lokasinya sangat dekat dengan lokasi temuan serpihan.

15.07 WIB: Direktur Operasi Basarnas Marsekal Pertama TNI AU Supriyadi mengatakan, anggotanya menemukan 3 jenazah yang diduga penumpang AirAsia QZ 8501. Penemuan di perairan berjarak 97 mil dari Pangkalanbun.

15.28 WIB: Supriyadi mengatakan, evakuasi korban dan material dari pesawat Air Asia QZ-8501 akan dilakukan oleh TNI Angkatan Laut dengan menggunakan KRI Bung Tomo.

16.12 WIB: Basarnas: Lokasi jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 di wilayah perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, tidak jauh dari pantai. Banyak serpihan yang hanya berjarak kurang lebih 200 meter dari bibir pantai.

17.15 WIB: Tim SAR melaporkan penemuan barang-barang milik penumpang pesawat AirAsia QZ-8501 di laut. Barang-barang itu dievakuasi menggunakan helikopter milik TNI Angkatan Laut.

17.26 WIB: Kapal perang Indonesia, KRI Bung Tomo, dilaporkan telah mengevakuasi sekitar 40 jasad penumpang AirAsia QZ 8501 dari tengah laut.




Kontak Terputus

Pesawat AirAsia tipe Airbus A320-200 yang mengangkut 162 penumpang dan awak sedang menerbangi rute Surabaya menuju Singapura ketika kontak dengan tower bandara hilang sekitar 40 menit setelah pesawat bernomor penerbangan QZ8501 itu lepas landas. Pesawat dinyatakan hilang dan di hari ketiga pencarian dipastikan pesawat jatuh ke laut Jawa.

Jatuh ke Laut Jawa

Sebelumnya pilot AirAsia meminta izin naik ke ketinggian 38.000 kaki sebagai upaya menghindari awan dan cuaca buruk. Tapi permitaan ditolak, karena lalu lintas udara padat dengan tujuh pesawat terbang di rute tersebut. Jejak pesawat yang hilang ditemukan di perairan Laut Jawa sekitar Pangkalan Bun. Tima Basarnas mengevakuasi pecahan pesawat, kargo dan jenazah penumpang.

AirAsia QZ8501 Ditemukan Dekat Pangkalan Bun

Tim pencari AirAsia QZ8501 menemukan sejumlah pecahan yang diduga dari pesawat yang hilang. Basarnas memastikan 95 persen, obyek yang ditemukan berasal dari Air Asia yang hilang.



Tim Basarnas menemukan koper dan jasad yang diduga penumpang mengapung di lautan. Sebelumnya beberapa obyek berwarna oranye juga ditemukan tim pencari di kawasan perairan sekitar 150 sampai 200 km di selatan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

"Pesawat militer Indonesia melihat adanya obyek berwarna putih, merah, hitam dan obyek seperti pelampung penyelamat pesawat", ujar jurubicara Basarnas Yusuf Latif.

Basarnas sudah mengirim sebuah helikopter untuk mengambil sedikitnya 10 obyek yang mengapung di lautan untuk pengecekan lebih lanjut. "Ini merupakan penemuan paling siginifikan, dan 95 persen dipastikan berasal dari pesawat Air Asia yang hilang ", ujar ketua Basarnas, Henry Bambang Soelistyo.

Basarnas menyatakan sudah melihat bayangan gelap berbentuk pesawat di dasar laut yang tidak terlalu dalam.

Seperti diketahui warna pesawat AirAsia yang hilang dengan 162 penumpangnya adalah merah dan putih. Pesawat Airbus A 320-200 itu hilang kontak saat penerbangan dari Surabaya ke Singapura Minggu (28/12) pagi sekitar 40 menit setelah mengudara. Sebelumnya pilot minta mengubah rute dan naik ke ketinggian 38.000 kaki karena diduga melihat adanya awan badai.
(afp, dpa, dangstars,merdeka.com)

Selamat Tahun Baru 2015 Dari Google

Tidak seperti biasa logo google Doodle hari ini berubah dengan logo animasi  ucapan Selamat Tahun Baru Dari Google.
Tak luput daru itu semua Kami selaku admin Dangstars.blogspot.com juga mengucapkan Selamat Tahun Baru 2015

Jangan khawatir kawan 2015 tidak akan terjadi apapun
Kalaupun ada yang terjadi itu adalah kesuksesan besar yang telah engkau rancang saat ini
Selamat Tahun 2015, Selamat menikmati sukses atas kerja kerasmu.

Tidak akan ada ucapan tahun baru dariku karena itu akan menjadi biasa
Tidak akan ada sms selamat 2015 di handphonemu karena inboxmu sudah penuh akan itu
Dariku yang istimewa untukmu adalah do’a dan harapan agar ditahun mendatang kebahagiaan senantiasa menyertaimu.

Tahun 2014 segera berakhir
Tahun 2015 akan menjelang
Aku pengen ngajak kamu and nraktir
apa daya kantong tak mendukung

Pengakuan Cinta Cita Citata

Belakangan ini, nama Cita Citata (20) melesat bak meteor. Ia menggapai kesuksesan berkat lagu Sakitnya Tuh di Sini. Video musik lagu ini yang ditayangkan di YouTube telah dipirsa lebih dari 21,8 juta kali.

Saat ditemui CNN Indonesia di kawasan Senayan, kemarin (26/12), Cita membeberkan kisah hidup dan cintanya. Menurut sang solois, segala yang telah ia dapatkan kini bukan begitu saja jatuh dari langit, melainkan melalui perjalanan panjang dan penuh liku.

Agaknya benar kata pepatah, “Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin menerpa.” Cita yang kini tengah berada di puncak popularitas, pada saat yang sama dihantam rumor seputar masalah hidup dan cintanya, masa lalu dan masa kini.


1. Cinta Orang Tua yang Terberai

Saat masih SD, pemilik nama asli Cita Rahayu ini merasakan sakit akibat perceraian orang tuanya. Cita cilik tak terima, namun hanya bisa pasrah. “Sebagai anak, cuma bisa mendoakan dan membantu," kata Cita yang terlahir dari keluarga perajin sepatu.

Sambil mengobati kesakitannya, Cita kecil pun mulai membantu ibunya. Mulai dari bernyanyi dangdut, sampai menjual sepatu. "Waktu kecil pernah nyanyi dangdut. Waktu itu kan, masih kecil lucu bisa joget-joget," ujarnya.

2. Cinta dalam Pernikahan Dini

Menginjak usia 18 tahun, peliknya kehidupan kembali mendera Cita. Ia harus menikah dengan seorang pria bernama Galih Purnama. "Cita menikah atas dasar kemauan orang tua Cita dan Galih," ucapnya.

Dari semula nge-band bareng, Cita dan Galih (saat itu berumur 25 tahun), menjalin kedekatan sebelum akhirnya menikah. Cita sadar, kedewasaannya ketika itu belum matang, “Ada yang kasih cinta, ya terbuai.”

3. Cinta kepada Orang Tua

Menikah dini, Cita harus rela melepas cita-citanya melanjutkan kuliah jurusan seni musik atau bisnis. Di sisi lain, ia tetap ingin mewujudkan cita-cita membahagiakan orang tua dan menjadi wirausaha, menjual sepatu karya orang tuanya.

Terjebak di antara pilihan sulit, lagi-lagi ia dihadapkan pada badai kehidupan. Mahligai rumah tangga yang baru saja dibinanya berantakan karena rawan konflik. Cita mengaku ditalak dan ditinggalkan suaminya begitu saja.

4. Cinta Dunia Tarik Suara

Terluka, namun Cita pantang berputus asa. "Sakit, memang sakit. Tapi waktu terus berjalan dan Cita enggak mungkin diam saja, tidur di rumah," tukasnya. Cita memutuskan hijrah ke Jakarta untuk membantu meringankan beban orang tuanya.

Berbekal kemampuan menyanyi, Cita memilih bekerja di tempat karaoke. Tidak sedikit orang yang mencibirnya. Berniat mencari pekerjaan yang lebih baik, akhirnya Cita keluar dari tempat karaoke itu.

"Pengalaman yang kelam berat dan keras membuat Cita punya banyak pelajaran," katanya. Menjajal potensi sebagai penyanyi jazz, Cita bernyanyi dari satu tempat ke tempat lain, mulai dari acara pertemuan sampai pernikahan.

5. Cinta Kehidupan Baik

Sekalipun berasal dari keluarga broken home, tak lantas membuat Cita terjerumus hal negatif. Sebaliknya, ia tetap menjalani kehidupan yang baik. "Di situ, Cita ketemu dengan orang baik yang akhirnya bisa membawa cita sampai saat ini," ungkapnya.

Kini, Cita pun telah membuktikannya. Di umurnya yang baru menginjak 20 tahun, bisa dibilang ia sudah berada dalam puncak popularitasnya. Sehingga ia pun bisa membahagiakan orang tuanya. "Cita bersyukur, Allah mengangkat derajat Cita."

6. Cinta Ivan Gunawan?

Saat ini, kedekatan Cita Citata dan Ivan Gunawan tengah ramai diberitakan media massa. “Untuk sekarang, Cita dekat dengan Kak Ivan," kata Cita tentang sang sahabat yang dianggap berjasa memberi dukungan dan pengaruh bagi dirinya.

Keduanya tak mau buru-buru berkomitmen. “Sekarang ngejalananin saja sama Cita, karena hubungan yang instan, akhirnya juga instan," ucap Ivan. Cita mengaku sudah membuka hati, namun “lebih hati-hati saja.”

Ivan menolak tudingan hubungannya dengan Cita sebatas “setting-an.” Pria bongsor ini memang menyukai Cita. Dengan nada canda, ia mengajak Cita menikah bulan ini juga. "Kalau jodoh kan, Allah yang ngatur. Jalanin aja biar waktu yang jawab," kata Cita.

7. Cinta Lama Berujung Somasi

Cita mengaku, telah ditalak oleh Galih. Namun menurut Galih, sejauh ini belum ada putusan pengadilan atas gugatan cerainya. Pria yang akrab disapa Ijonk ini lantas melayangkan somasi pada Cita karena tak mengakui status Galih sebagai suami sah.

"Cita minta maaf pada pihak yang merasa dirugikan dengan pembohongan publik yang Cita lakukan terutama terhadap Galih dan keluarganya," kata Cita.

Perempuan kelahiran Bandung, 14 Agustus 1994, ini tidak akan menuntut balik Ijonk atas apa yang sudah dilakukan terhadapnya. "Cita fokus bekerja saja," katanya sembari berharap, "Mudah-mudahan masalah ini cepat selesai dan kita semua berdamai.”

Lima Sektor Saham Wajib Dicermati Akhir Tahun

Analis memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat akhir 2014. Lima sektor saham pun disodorkan untuk dicermati. Apa saja?

Pada perdagangan Rabu (24/12/2014), sehari sebelum Natal, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 27,915 poin (0,54%) ke angka 5.166,983.

Analis Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya, menuturkan kenaikan tersebut karena banyaknya hari libur menjelang akhir tahun.

"Pergerakan IHSG menyongsong berakhir nya tahun 2014 akan diwarnai dengan gerakan naik, dikarenakan potensi tersebut cukup besar di tengah banyaknya libur menjelang akkhir tahun," ujar William di Jakarta, Jumat (26/12/2014).

William mengatakan selain faktor tersebut, ada efek dari bursa global yang terus melaju naik juga memberikan dampak positif terhadap bursa Indonesia, kesatibilan perekonomian, tindakan sigap pemerintah dalam menghadapi kondisi market. " Ini menjadi katalis positifnya IHSG termasuk menjaga kestabilan nilai tukar juga menjadi faktor pemerkuat dari melaju-nya IHSG," katanya.

William menyuguhkan beberapa sektor yang layak dicermati menjelang berakhirnya tahun 2014, hingga awal tahun 2015, di antaranya adalah saham-saaham di sektor keuangan, properti, aneka industari, perdagangan, dan sahsam-saham di sektor Crude Palm Oil (CPO)
Belasan Saham Pilihan Pekan Ini

Jakarta Laju IHSG pada perdagangan pekan ini diprediksi berada pada rentang support 5.120-5.152 dan resisten 5.178-5.205. Belasan saham jadi pilihan. Apa saja?

Pada perdagangan sepekan terakhir, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 22,362 poin (0,43%) ke posisi 5.166,983 per Rabu (24/12/2014) dibandingkan akhir pekan sebelumnya di 5.144,621.

Reza Priyambada, kepala riset Woori Korindo Securities Indonesia (WKSI) memperkirakan, pada perdagangan pekan ini, IHSG berada pada rentang support 5.120-5.152 dan resisten 5.178-5.205. Dragonfly doji dekati area upper bollinger band (MBB), katanya kepada INILAHCOM di Jakarta, Minggu (28/12/2014).

Moving Average Convergence-Divergence (MACD) masih mencoba membentuk golden cross meski bergerak tipis dengan histogram negatif yang memendek. Relative Strength Index (RSI), Stochastic, dan Williams %R mencoba bertahan naik.

Laju IHSG sempat berada di area target support (5.100-5.150) dan hampir mendekati area target resisten (5.196-5.215). Laju IHSG untuk mendekati level 5.200-an tampaknya dapat terwujud jika aksi-aksi profit taking dapat dikurangi.

Masih adanya ruang bagi IHSG untuk menguat, meski hanya tersisa dua hari efektif untuk bertransaksi, setidaknya dapat dimanfaatkan pelaku pasar untuk dapat kembali melanjutkan aksi belinya, imbuhnya.

Adapun data-data ekonomi yang akan berpengaruh pada sentiment pasar pekan ini adalah:

a. China: NBS manufacturing PMI

b. Australia: HIA new home sales, private sector credit

c. Korea Selatan: Business confidence, current account, industrial production, manufacturing production, retail sales, inflation rate, balance of trade

d. Spanyol: Current account, inflation rate, retail sales, balance of trade

e. Inggris: Nationwide housing prices

f. Italia: Consumer confidence, business confidence, PPI

g. Zona Euro: Private loans

h. AS: Dallas Fed manufacturing index, chain store sales, redbook, S&P/case-shiller home price, CB consumer confidence, MBA mortgage application, initial jobless claims, chicago PMI, pending home sales.

Di atas semua itu, Reza menyodorkan beberapa saham pilihan sebagai bahan pertimbangan para pemodal. Saham-saham tersebut adalah:

1. PT Waskita Karya (WSKT.JK)

2. PT Fortune Indonesia (FORU.JK)

3. PT Adhi Karya (ADHI.JK)

4. PT Elnusa (ELSA.JK)

5. PT Indofarma (INAF.JK)

6. PT Mitra Pinasthika Mustika (MPMX.JK)

7. PT Panin Financial (PNLF.JK)

8. PT Surya Citra Media (SCMA.JK)

9. PT Kalbe Farma (KLBF.JK)

10. PT Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP.JK)

11. PT Sekawan Intipratama (SIAP.JK). [jin]

Tips Istiqomah Ibadah dan Amal

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Rabb kami ialah Allahkemudian merekaistiqamahpada pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu. (QS. Fushilat[41]: 30).

Suatu ketika Sufyan bin Abdullahmenghadap kepada Rasulullahsawdan bertanya, Ya Rasulullah, sampaikan padaku satu perkara saja yang bisa aku bawa hingga mati sebagai pegangan hidupku.Kemudian Rasulullah menjawab, Katakanlah: Tuhanku adalah Allah, kemudian istiqamahlah engkau dalam itu.(HR. at-Tirmidzi).

Yang dimaksud dengan istiqamah di sini terdapat tiga pendapat di kalangan ahlitafsir:

  1. Istiqamah di atas tauhid, sebagaimana yang dikatakan oleh Abu Bakr ash-Shidiq dan Mujahid.
  2. Istiqamah dalam ketaatan dan menunaikan kewajiban Allah, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Abbas, al-Hasan dan Qotadah.
  3. Istiqamah di atas ikhlas dan dalam beramal hingga maut menjemput, sebagaimana dikatakan oleh Abul Aliyah dan as-Sudi.

Bukti-bukti perbuatan istiqamah dapat terlihat dari air yang sangat lembut dapat melobangi batu yang keras, anak kecil dapat berjalan (walau dengan jatuh bangun), penghafal quran, dan karya-karya manusia.

Komitmen dalam hidup itu ada empat, yaitu:

  1. Emotional commitmen (komitmen tergantung situasi kondisi, dapat berubah setiap saat).
  2. Political commitmen (komitmen tergantung kepentingan dan dapat berubah).
  3. Intelectual commitmen (komitmen berdasarkan pengetahuan, cenderung tidak berubah).
  4. Spiritual commitmen (komitmen berdasarkan keyakinan hati, kuat dan kokoh, istiqomah).

Ibadah

Bila ibadah tidak istiqomah maka keyakinan kepada janji dan jaminan Allah cenderung melemah. Tidak mendapatkan makna dalam beribadah, dan tidak meraih manfaat dalam beribadah.

Pengembangan Diri

Bila langkah meraih ilmu, belajar, perluasan wawasan tidak dilakukan dengan istiqomah, cenderung jadi kurang percaya diri, karir dan prestasi tidak dapat diraih.

Kesehatan

Berobat bila tidak istiqomah berakibat kesembuhan hanya impian, minum jamu/madu/vitamin tidak istiqamah berdampak sangat kecil. Olahraga bila tidak istiqamah, tidak ada peningkatan dalam kesehatan dan kebugaran.



Allah swt menjanjikan balasan yang besar kepada orang-orang yang istiqomah. Sesunguhnya orang-orang yang mengatakan: "Rabb kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqomah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Al-Ahqaf:13-14).
Jalan mendatangkan pertolongan Allah SWT
Merupakan ciri mendasar orang mukmin.
Merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah swt. 

Dalam sebuah hadits digambarkan : Dari Aisyah radhiyallahu anha-, beliau mengatakan bahwa Rasulullahshallallahu alaihi wa sallambersabda,Amalan yang paling dicintai oleh Allah Taala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit. Aisyah pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya.(HR. Muslim)

Berprestasi dalam hidup
Meraih apa yang dimimpikan
Manfaat bagi ummat

Ciri Hamba Allah Miliki Sifat Istiqomah

  • Konsisten dalam memgang teguh aqidah tauhid
  • Konsisten dalam menjalankan ibadah
  • Konsisten dalam menjalankan syariat agama (perintah dan larangan Allah SWT)
  • Konsisten dalam bekerja dan berkarya (semangat dan ikhlas karena Allah swt)
  • Konsisten dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan

Tips Istiqomah
  • Membuat tujuan hidup jelas (Big Project)
  • Hujamkan hujamkan tekad dalam hati (Komitmen)
  • Yakin jaminan dari Allah Swt bila istiqomah
  • Yakin dengan semua yang terjadi atas izin Allah Swt
  • Terue menerus meningkatkan pengetahuan dan wawasan (tentang istiqomah)
  • Tentukan amal apa yang akan istiqomah (Qiyamullail, shalat witir, shalat qobla subuh, shalat dhuha, sedekah, baca quran, dzikir, berpakaian syari, berakhlaq sesuai sunah, menuntut ilmu, dll)
  • Step by step dalam beramal
  • Sertai setiap amal dengan sabar dan syukur
  • Bergaul dengan yang bertujuan amal yang sama
  • Berdoa agar mejadi ahli amal istiqomah
'Yaa Muqallibal Quluub, Tsabbit Qalbi Ala Diinik'Artinya: Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.[HR.Tirmidzi]

'Yaa Muqallibal Quluub, Tsabbit Qalbi Ala Ta'atik'Artinya: Wahai Dzat yg membolak-balikan hati teguhkanlah hatiku diatas ketaatan kepadamu[HR. Muslim]

'Allaahumma Musharrifal Quluub, Sharrif Quluubanaa Alaa Tho'atika'Artinya: Ya Allah yang mengarahkan hati, arahkanlah hati-hati kami untuk taat kepadamu. (HR. Muslim)

'Rabbabaa Laa Tuzigh Quluubanaa Bada Idz Hadaitanaa wa Hab Lana Mil-Ladunka Rahmatan Innaka Antal-Wahhaab'Artinya: Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).(QS. Ali Imran: 7)

Dalam 20 Jam The Interview Diunduh 750.000 Kali

Sony Pictures Entertainment batal memutar film The Interview di bioskop. Meski begitu, film yang diperankan James Franco ini tetap menarik minat masyarakat dunia. Terbukti dalam kurun waktu 10 jam The Interview telah diunduh sebanyak 200.000 kali melalui jaringan BitTorrent.

Film The Interview hanya tayang di beberapa bioskop di Amerika Serikat. Sejumlah besar jaringan bioskop masih menolak untuk menayangkan film parodi tentang Kim Jong-un. 

Hal itu tidak lepas dari ancaman yang mereka terima dari pihak hacker peretas Sony Pictures Entertainment. Tapi, Sony telah menemukan cara untuk merilisnya ke publik, yaitu dengan mengunggahnya di sejumlah media online, seperti YouTube, Google Play, dan Xbox.

Selain itu, file bajakan The Interview ternyata bisa didapatkan lewat BitTorrent. Dan ternyata, file itu telah diunduh sebanyak lebih dari 200.000 kali hanya dalam kurun waktu 10 jam. Setiap jamnya, jumlah unduhan file tersebut terus meningkat sangat drastis. 

Bahkan dalam waktu 20 jam, jumlah unduhan telah mencapai angka 750.000 kali. Torrent Freak mengungkapkan, sebagian besar pengunduh film The Interview berasal dari luar Asia.

Cara lain yang legal untuk menonton film ini adalah lewat Google Play, YouTube Movie, Microsoft Xbox Video, dan situs web www.seetheinterview.com. Bagi kalian yang ingin menyaksikan film ini, kalian harus membayar US$ 5,99 untuk menyewa, US$ 14,99 untuk membelinya,

Jangan Musuhi Orang Kaya

Rasulullah SAW dalam salah satu haditsnya berpesan supaya kita mencintai orang miskin dan dekat dengan mereka. Jadi, Rasulullah tidak memerintahkan untuk mencintai dan dekat dengan orang kaya, seperti yang banyak terjadi sekarang. Atau yang sering kita lakukan, karena siapa lagi kalau bukan kita.

Mengapa kita dekat dengan orang kaya? Penyebabnya tidak jauh dari ghanimah atau rampasan perang. Kita pergi ke dapurnya melihat kalau ada termos bekas, di antara lusinan sepatunya mungkin ada yang menganggur, ada kemeja atau celana yang masih pantas. Padahal itu tidak cocok dengan wasiat Rasulullah Saw. Bahkan membuat kita berharap-harap pada makhluk, bukan kepada Allah SWT.

Allah telah mengingatkan, Wahai seluruh manusia! Kamulah yang fakir (memerlukan) Allah, dan Allah Dialah Yang Mahakaya, Mahaterpuji. (QS. Fthir [35]: 15). Ini harus kita pahami terlebih dahulu. Bahwa yang memiliki seluruh semesta adalah Allah Yang Mahakaya, dan sesuka-Nya membagi rezeki kepada kita. Kaya atau miskinnya kita sama-sama ujian. Yang penting adalah bagaimana kita bersyukur atas apa yang dianugerahkan-Nya.

Nah, dalam memahami hal mendasar tersebut, biasanya ada di antara kita yang jadi berpikir dan bersikap keliru. Misalkan kita memang menjadi cinta dan dekat dengan orang miskin, tetapi sambil membenci orang kaya. Dasar orang kaya sombong! Pelit! Menghardik anak yatim! Api neraka sudah berkobar-kobar menantimu!

Jangan saudaraku, itu tidak boleh. Karena sombong atau pelitnya orang kaya dan kita yang iri, dengki, atau membenci itu sama saja. Sama-sama tanda pecinta dunia. Termasuk kalau kita dekat dan mencintai orang miskin dikarenakan kita minder bertemu orang kaya, itu juga ciri pecinta dunia. Merasa senasib sepenanggungan dengan orang miskin berarti merasa tidak puas dengan apa yang telah dikaruniakan-Nya.

Biasa saja terhadap orang kaya, karena kita sama-sama makhluk ciptaan Allah SWT, yang hidup dan mati kita seluruhnya berada di tangan-Nya. Mengapa kita memusuhi orang kaya? Kalau kita mencintai dan dekat dengan orang kaya karena berharap panci bekas, bukankah memusuhi orang kaya juga berarti menantang berperang? Memusuhi dan mencintai mereka sama-sama mengidam harta dan perhiasan dunia.

Kita menganiaya diri sendiri. Melihat tetangga mencuci mobil baru, kita yang meriang. Padahal memang pekerjaannya mencuci mobil rental. Melihat tetangga berangkat dan pulang kerja naik taksi, kita malah memesan ambulance. Setelah tahu dia supir taksi, kita semakin tidak mau kalah. Dari rumah sakit juga minta diantar ambulance, dirujuk ke tempat perawatan terakhir, agar ditangani langsung oleh malaikat.

Saudaraku, jangan karena kita harus mencintai dan dekat dengan orang miskin, justru membuat kita melihat orang kaya seperti melihat musuh. Keliru dan salah yang begitu. Rasulullah tidak pernah memerintahkan. Hidup hanya akan semakin lelah dan gelisah kalau kita sibuk memikirkan apa yang dimiliki orang lain.

Kita tidak punya urusan dengan kekayaan orang lain. Urusan kita adalah mensyukuri semua nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita. Orang kaya yang sombong dan pelit bukan urusan kita. Itu urusan dia dengan Allah SWT. Dan jangan juga dendam, seperti bertekad, Lihat nanti, kalau saya sudah kaya, saya akan lebih sombong dari kamu. Kesombongan berencana ini lebih buruk.

Atau dendamnya, Awas di akhirat kelak akan kuceritakan semua sombong dan pelitmu kepada Allah. Mengapa kita jadi merebut tugas malaikat yang mencatat? Sangat tidak perlu, karena Allah pun tahu segalanya. Malah bisa kita yang lebih dulu diseret ke neraka, karena sudah ujub dan lancang memecat malaikat dari jabatannya. Tidak usah dendam pada kekayaan orang. Urus saja bagaimana meningkatkan ibadah, amal dan syukur kita sendiri.

Ketika membaca tulisan ini, ingatlah teman kita yang tidak bisa melihat. Saudara mungkin bisa membaca persoalan serius ini sambil tersenyum, karena kita sedang berbicara tentang diri kita sendiri. Tapi bagaimana dengan mereka yang tidak bisa membaca? Memang dapat dibacakan, tapi kalau yang membacakan jahil, malah bisa keliru kuadrat. Kata Aa Gym, kita wajib berperang sampai tetes darah terakhir untuk menikahi orang kaya. Dan ini fitnah.

Saudaraku, sudahlah. Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? Kehidupan dunia ini memang semakin ramai hiburan, sesak permainan dan pengap perhiasan. Tapi hampir seluruhnya itu tidak berguna, dan dapat membawa petaka bagi kita di akhirat. Dunia ini cuma sesaat. Ibarat SPBU yang sekadar disinggahi untuk salat dan mengisi bensin, kemudian kita kembali berangkat menuju kampung halaman yang sesungguhnya.

Jadi, kita hanya akan menzalimi diri sendiri kalau memusuhi orang kaya. Tidak usah iri, dengki dan minder pada mereka. Kita juga tidak boleh mencintai orang kaya, kecuali yang kita cintai adalah kedermawanannya. Bukan mencintai kekayaannya, seperti kita mencintai kesalehan Utsman bin Affan RA, dan yang begini malah kebaikan.

Cintai dan dekatlah dengan orang miskin, karena itulah yang diperintahkan Rasulullah saw, supaya tumbuh rasa syukur kita atas nikmat Allah. Bagaimana kalau kita sendiri orang miskin? Tetap tidak boleh menganiaya diri. Harus terus optimis berikhtiar, berharap dan bersyukur kepada Allah SWT. Jangan membenci orang kaya, sekali pun kita orang paling miskin di galaksi Bima Sakti.

Mungkin masih ada yang berpikir, bagaimana jika benar-benar tidak selembar uang dan harta pun yang dimiliki? Maka bersyukurlah karena kita sudah dikaruniai otak sehingga dapat berpikir. Dan dengan otak itu, ingatlah selalu pesan Rasulullah bahwa kekayaan terbesar manusia adalah kemampuannya bersyukur itu sendiri, dan bukan kepemilikan materi.

Barang siapa bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri, dan barang siapa ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Mahakaya, Mahamulia. (QS. an-Naml [27]: 40).

Demikian tentang artikel berjudul Jangan Musuhi Orang Kaya dan semoga bermanfaat.

Terikatlah pada Apa yang Disukai Allah

Ketika Rasulullah Saw mendapat perintah dari Allah SWT untuk berdakwah secara terbuka, maka beliau mendaki Bukit Shafa. Di sana beliau menyeru dan mengumpulkan para pembesar suku Quraisy. Dan setelah menanyakan tentang kepercayaan mereka terhadap beliau, lalu Rasul bersabda, Aku memperingatkan kamu semua bahwa di depanku (akhirat) ada siksa yang amat pedih.

Di antara orang-orang Quraisy itu terdapat Abu Lahab, paman kandung Nabi Saw. Abu Lahab yang ikut hadir saat itu langsung menyahuti ajakan Nabi dengan makian, Celakalah engkau sepanjang hari! Apakah untuk ini engkau mengumpulkan kami? Tapi Nabi Saw tidak membalas ejekan keras tersebut.

Beberapa waktu setelah itu, dan masih di sekitar Bukit Shafa juga, Rasulullah pernah dicaci-maki oleh Abu Jahal dengan kata-kata yang luar biasa menyakitkan. Namun Rasul juga tetap diam saja. Yang bertindak justru paman beliau, Hamzah bin Abdul Muthalib Ra yang saat itu belum bersyahadat di depan Rasul, dilapori oleh seorang perempuan yang melihatnya. Padahal pahitnya cacian sampai membuat paman Rasul memukul Abu Jahal dengan panah yang masih dibawanya dari berburu.

Nah, saudaraku. Kebaikan Rasulullah Saw itu sempurna. Beliau mengajak manusia kepada keselamatan dan akhlak mulia. Dan apa yang beliau sampaikan itu pun bukan untuk kepentingan pribadi. Tetapi kebaikan yang beliau lakukan, tetap saja dianggap jelek oleh sebagian orang. Padahal beliau sudah dikenal sebagai orang yang tepercaya, jauh sejak sebelum diangkat sebagai rasul.

Jadi, sebaik apa pun yang kita lakukan, tidak akan semua menganggapnya baik. Oleh sebab itu, dalam berbuat baik, kita tidak usah terpenjara oleh kelakuan orang. Misalkan ketika kita berbuat baik, tiba-tiba ada yang berkata, Eh, monyet! Kira-kira kita akan merespon bagaimana? Apakah menyahut, misalnya dengan, Apa pergedel? Jangan, nanti penyamaran kita bisa terbongkar.

Tidak boleh, saudaraku. Walaupun perkataan seseorang itu membuat kita benar-benar jengkel, kita juga tidak perlu menanggapinya. Seperti, Kamu jangan sembarangan ngomong, atau, Kalau kamu monyong saya akan lebih monyong. Tidak perlu. Karena, Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap mencatat. (QS. Qf [50]: 18). Apa yang diucapkannya pasti kembali kepada dirinya sendiri.

Begitu juga kalau ada orang yang pelit pada kita. Jangan merasa tertantang atau dendam untuk ikut-ikutan pelit. Ajaran Islam mengajarkan agar kita memberi pada yang pelit itu. Kalau tidak sanggup, kita maafkan dia. Tidak usah membalas atau marah. Kalau kita membalas melotot pada orang yang melotot. Nanti jadi kembar, dan tidak ada bedanya.

Dalam hidup ini kita harus terus berbuat baik. Dan dalam berbuat baik itu kita jangan terikat oleh orang. Biarlah orang berbuat apa yang diinginkannya, karena dia akan memikulnya sendiri. Kita hanya mau terikat oleh apa yang Allah SWT suka. Dan kita sabar malah lebih efektif.

Jadi, kalau orang menyebut kita monyet, maka tanyakan hati kita, kira-kira Allah suka atau tidak kita membalas. Seandai kira-kira suka, maka Allah kira-kira suka kita berkata apa pada orang tersebut. Mungkinkah spiderman? Atau alhamdulillah. Lebih dan kurang begitu konstruksinya.

Seperti saat Rasulullah saw akan berangkat hijrah ke Madinah bersama Abu Bakar Ra, beliau meninggalkan Ali bin Abi Thalib di Mekah. Dan Rasul bukan hanya meminta Ali bin Abi Thalib untuk tidur di tempat tidur beliau, tapi Rasul juga memintanya untuk mengembalikan barang-barang titipan orang-orang musyrik.

Mereka tetap percaya pada keamanahan Rasul dalam urusan dunia, walau mengingkari ajaran yang beliau sampaikan. Rasul tidak marah dan dendam mereka masih mendustakan Islam, dan beliau tetap menerima penitipan barang dan mengembalikan ketika akan hijrah. Kebaikan beliau sempurna, karena beliau yakin pada janji Allah, dan hanya terikat pada apa yang disukai Allah SWT.

Saudaraku, kalau kita yakin dan terikat dengan apa yang Allah sukai, energi untuk berbuat baik pun dengan sendirinya bertambah. Oleh sebab itu, selalu ingat kepada Allah, karena itu menjadi obat. Tapi kalau kita ingatnya pada orang dan tidak dikaitkan kepada Allah, maka itu dapat menjadi penyakit sehingga tidak bahagia.

Demikian Artikel tentang  Terikatlah pada Apa yang Disukai Allah Semoga bermanfaat.

Cara agar Ditolong Allah

Futur adalah orang yang hatinya garing atau hampa dari pertolongan Allah SWT. Futur disebabkan oleh dosa yang dilakukan oleh diri kita sendiri.
Futur adalah orang yang hatinya garing atau hampa dari pertolongan Allah SWT. Futur disebabkan oleh dosa yang dilakukan oleh diri kita sendiri. 

Lalu, bagaimana supaya Allah menolong kita? Tentu saja dengan mengadakan evaluasi dan perbaikan setiap harinya.

Manusia yang menderita adalah manusia yang tidak tahu jawaban dari penderitaan dan masalah yang dia hadapi. Sebagai contoh, bila seseorang sedang mengalami futur, segera tobat dan kembali kepada Allah yang Mahapenolong.

Manusia yang jauh dari pertolongan dan rahmat-Nya adalah ketika ia tidak melakukan pendekatan kepada Allah SWT. Tidak melakukan salat, dan amalan-amalan yang dapat mendekatkan dirinya kepada Allah. Lalu, apa caranya supaya kita ditolong oleh Allah? Bangkit! Segeralah bangkit dari kefuturan.

Oleh karena itu sahabat, mari kita perbaiki diri, salat sunnah, tahajud, tilawah dan lakukan amalan-amalan yang mendekatkan diri ini kepada Allah. 

Bila belum bisa bangkit, cari penyebab kefuturan kita. Apakah tanpa sengaja kita suka membicarakan keburukan orang lain, menonton televisi yang membuat lupa kepada Allah? Atau malah sibuk menggunakan ponsel sebagai sarana untuk bermain game, sehingga kita lupa kepada Allah SWT?

Tidak ada kebahagiaan dan kesenangan bila kita jauh dari Allah. Semakin kita jauh dari Allah, maka semakin futur dan hampa hati yang akan menghampiri. Segera perbaiki diri, dan bangkit dari keterpurukan iman. Berharap hanya kepada Allah SWT. Karena Allah-lah yang Maha penggenggam kehidupan ini.

Demikian Cara agar Ditolong Allah ,Semoga bermanfaat.

Cara Mengingat Ayat Kursi

Coba Anda bayangkan ketika sedang sendirian di rumah, mati lampu dan di luar gerimis. Lalu menjelang tengah malam tiba-tiba terdengar suara panci terpelanting di dapur. 

Kadang ada orang yang saat itu juga mendadak jadi seorang alim. Khusyuk mengingat dan melafalkan Ayat Kursi. Dia mengucapkan, Allaahu laa ilaaha illaa huwa alhayyul qoyyuum, dengan terbata-bata dari balik selimut.

Tapi cuma berulang-ulang sebatas itu. Karena walau sudah sambil memejam mata, tetap tidak sanggup mengingat utuh ayatnya. 

Padahal bisa jadi panci itu jatuh akibat kucing yang sedang menaksir tikus. Kalau kita mungkin tidak akan seperti itu. Kita tetap diam saja, karena memang belum hafal.

Nah, Ayat Kursi memang disebutkan sebagai salah satu bacaan yang dianjurkan untuk menghadapi gangguan setan. Bahkan bisa menjauhkan semua ancaman dan gangguan dari seluruh makhluk. Baik setan maupun manusia yang hendak berbuat jahat.

Jadi, orang yang terperanjat saat panci tiba-tiba jatuh, lalu langsung ingat kepada Allah SWT, itu sebetulnya sudah benar dan bagus. Walau bacaan AyatKursinya masih tergagap dan lupa. Daripada ingatnya pada cicilan panci yang belum lunas, lalu emosi dan sampai pagi bertengkar dengan kucing.

Akan tetapi, sesungguhnya Ayat Kursi memiliki keagungan dan merupakan sumber ilmu yang amat besar. Kemuliaan Ayat Kursi tidak terbatas pada keindahan kaligrafinya yang dipajang di ruang tamu. Keagungannya tidak bisa dibandingkan dengan setinggi apa pun pintu rumah kita. Karena kadang ada sebagian kita yang menulis Ayat Kursi untuk ditaruh di atas pintu sebagai rajah.

Mari kita coba membaca dan merenunginya. Di sana Allah menceritakan tentang diri-Nya dengan amat indah. Antara lain, Allah Yang Mahahidup, Yang terus-menerus mengurus makhluk-Nya, tanpa pernah mengantuk dan tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui segala yang ada di hadapan dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya kecuali yang Dia kehendaki.

Ayat Kursi adalah ilmu tentang Allah. Kalau kita ingin mengenal-Nya, maka Ayat kursi bisa menjadi salah satu langkah pertama. Karena untuk mengenal Allah, kita harus mempelajari ilmu tentang-Nya. Menurut kitab yang saya baca, Ayat kursi menjadi ayat paling mulia karena ada tujuh belas kata, dari lima puluh kata, yang menunjuk kepada Allah SWT.

Sifat-sifat Allah di situ kita pelajari dengan penuh penghayatan, di samping ayat dan surah utama lainnya, seperti al-Fatihah dan al-Ikhlas (induk dan sepertiga al-Quran). Yang penting diingat, kita membaca al-Quran tidak sekadar membaca atau menghafal saja. Tapi baca juga terjemahannya. Kalam Allah benar-benar kita renungkan hingga tertanam dalam di hati.

Dan kita upayakan pula untuk mengamati alam raya. Merenungi kesempurnaan ciptaan Allah Yang terus-menerus mengurus, tidak mengantuk dan tidak tidur. Tapi tidak perlu mendaki puncak Merapi untuk merasakan langsung fenomena luar biasa, seperti lahar atau awan panas. Kita tidak boleh bunuh diri. Penghayatan ini bertempat di hati, dan bisa saja melalui sesuatu yang sederhana. Cukup misalnya dengan melihat kemesraan kucing dan tikus di dapur.

Kalau sudah begitu, insya Allah, kita tidak akan sampai berkeringat mengingat Ayat Kursi ketika panci tiba-tiba jatuh lagi. Kita juga tidak akan sedih jika pancinya penyok, walau kreditnya belum lunas. Baik panci itu terjatuh sendiri ataupun melalui perantara makhluk. Baik sedang di keramaian pasar maupun berada sendiri di hutan ketika malam, takut kita hanya kepada Allah yang Milik-Nya apa yang ada di langit dan di bumi.

Kita akan tenang saja. Karena kita mengakui dan yakin, bahwa alam semesta ini ciptaan Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia. Kita mendekat dan berlindung kepada Allah SWT yang Kekuasaan dan ilmu-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahaagung. (QS. al-Baqarah [2]: 255). 


Demikian tentang Cara Mengingat Ayat Kursi Semoga bermanfaat.

Parkirlah di Tempat yang Disukai Allah

http://dangstars.blogspot.com/2014/12/parkirlah-di-tempat-yang-disukai-allah.html

SAUDARAKU, di beberapa tempat, seperti pusat perkantoran atau pusat perbelanjaan, mungkin telah disediakan tempat parkir yang khusus dan tertata rapi. Dijaga oleh petugas yang khusus pula. Tapi ada sebagian tempat lain yang kadang parkirannya jadi kurang teratur maupun memang tidak ada petugasnya.

Contoh, ketika ada pengajian di masjid. Misalnya ada orang yang karena terlambat, lalu sampai di masjid memarkir motornya secepat mungkin. Dan ternyata yang terlambat bukan dia saja. Maka jadilah barisan motor di situ berantakan.

Atau misalkan ada yang ingin membeli bakso di depan gang, kemudian ke sana mengendarai mobil. Saat sampai, dan karena sudah tidak tahan ingin segera memesan, lalu dia langsung turun dengan parkir sekenanya, sehingga membuat tukang bakso senang sekaligus sedih. Senang karena semakin ramai orang di tempatnya berjualan, dan sedih karena orang-orang bukan mau membeli, tapi karena macet.

Saudaraku. Mohon maaf, saya tidak sedang menuduh atau mengajak saudara-saudara untuk saling tuduh. Tapi ini khusus bagi yang parkir sembarangan saja. Yang parkir semena-mena itu memang mudah dan enak. Bisa hemat waktu, tenaga, pikiran, mungkin juga uang. Sekali pun nanti kendaraannya ada yang tidak sengaja menyenggol, dia tinggal memelototi. Kalau orangnya kabur, dia pun tinggal marah-marah sendiri.

Tetapi mari kita coba merasakan hati nurani. Bagaimana dengan orang yang terhalang akibat kita sembarangan parkir? Karena kita tidak tahu, bisa saja di sebelah motor kita ternyata motor seseorang yang ingin pergi lebih awal, karena misalnya tiba-tiba diare. Dan diarenya makin kronis, gara-gara motornya dihimpit motor kita.

Kalau kendaraan kita sampai membuat macet, coba kita bayangkan berapa banyak orang yang terhalang, dan mereka sedang ada keperluan apa saja. Mungkin ada yang mau melahirkan, transfusi darah, menjemput anaknya, dan mungkin yang tadi buru-buru pulang karena diare juga ada. Dan kalau kita menaikkan sebagian ban mobil di atas trotoar, ingatlah pada pejalan kaki yang tidak bisa lewat. Yang terpaksa berjalan agak ke tengah dan mendapat bonus klakson dari bus atau truk yang sedang lewat.

Satu lagi. Misalkan ada yang mau pergi bersama temannya yang sama-sama bawa mobil. Lalu agar efisien, mobil yang satu diparkir dan diinapkan di masjid. Tanpa memberi informasi apa pun kepada pengelola. Bagaimana kalau ternyata di masjid akan ada acara? Bayangkan berapa panitia yang dibutuhkan untuk menggotongnya.

Nah, saudaraku. Hati nurani kita pasti bisa merasakan bagaimana susahnya orang yang terhalang, dan berapa banyak orang yang terugikan, gara-gara kita sembarangan parkir. Padahal kalau kita membuat susah hidup orang, hidup kita juga akan susah. Semakin kita mempersulit hidup orang, semakin sulit pula hidup kita. Karena setiap perbuatan ada balasannya.

Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa berbuat kejahatan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. (QS. az-Zalzalah [99]: 7-8).

Jadi, parkirkan kendaraan kita di tempat yang disukai Allah SWT. Bukan di tempat yang enak dan menyenangkan bagi kita, tapi yang Allah senang kalau kita parkir di sana. Yang tidak merugikan atau membuat susah orang, tidak menghalangi maupun membikin macet jalan.

Mungkin memang tidak ada yang berani menegur, karena kita parkir sambil mengacungkan senjata. Mungkin juga tidak ada yang marah, karena kita parkir menutupi rumah yang sedang sepi. Tetapi persoalan parkir yang sederhana ini bisa menjadi tidak sederhana lagi, jika ia merupakan sebuah kebenaran. Karena ia pasti punya catatan tersendiri, dan tidak ada satu perbuatan pun yang akan luput balasannya. [*]

Pesawat AirAsia QZ8501 Rute Surabaya Singapura Hilang Kontak

Ini Titik Pencarian Pencarian AirAsia QZ 8501

Badan SAR Nasional (Basarnas) hari ini kembali melanjutkan pencarian pesawat AirAsia QZ 8501. Titik pencarian pun akan difokuskan dikawasan Belitung Timur hingga Sampit Barat.

Hal ini pun sudah dikoordinasikan dengan TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara yang ikut membantu pencarian.

"Sudah berada dalam sebelah timur Pulau Belitung dan catatan koordinatnya jelas. Jadi, di antara sebelah timur Belitung terus Sampit barat itu cukup besar," kata Deputi Operasional Basarnas, Mayjen TNI Tatang Zainudin.

Selain dibantu dari jajaran TNI, Basarnas pun telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak lainnya, guna memperlancar pencarian pesawat yang hilang kontak sejak Minggu (28/12/2014) kemarin.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Penerbangan), Angkasa Pura I dan II, Dirjen Konsulat Kementerian Luar Negeri. Ini untuk mempercepat alat-alat pesawat yang bantu kapal dari luar negeri yang akan masuk. TNI, mereka sudah siap untuk membantu mempercepat prosesnya," tandasnya.

Seperti diketahui, pesawat AirAsia jenis Airbus A320 dengan nomor penerbangan QZ 8501 yang berangkat dari Surabaya menuju Singapura, diperkirakan jatuh di perairan Belitung dengan titik koordinat 03.22.46 LS dan 108.50.07 BT. Pesawat yang mengangkut 155 penumpang dan tujuh awak kabin, yang diterbangkan Kapten Irianto tersebut sebelumnya take off pukul 05.20 WIB. Namun beberapa saat kemudian, sekitar pukul 07.00 pesawat dengan nomor registrasi PK-AXC ini hilang kontak.



Mendagri Kirim Radiogram ke Kepala Daerah, untuk Bantu Pencarian AirAsia

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mendukung penuh pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang. Langkah awal yang telah dilakukan untuk membantu dengan mengirimkan radiogram kepada kepala daerah yang terlewati pesawat hingga akhirnya hilang.

"Radiogram sudah dikirim untuk para kepala daerah di Surabaya, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan dan Banten. Diharapkan daerah-daerah itu dapat ikut mendukung penuh pencarian serta mendatangi pusat informasi," ujar Mendagri Tjahjo Kumolo lewat siaran pers, Senin (29/12/2014).

Tjahjo mengatakan, mencontohkan wali kota Surabaya sudah datangi pusat informasi di Surabaya. Dirinya meminta, seluruh kepala daerah yang daerahnya dilewati pesawat AirAsia harus membantu.

"Para kepala daerah harus membantu sarana yang mungkin diperlukan Basarnas dalam pencarian," ujarnya.

Tjahyo juga menunjukkan rasa keprihatinannya atas musibah yang membawa 155 orang tersebut. Dirinya juga mengatakan bahwa pemerintah melalui presiden dan wapres mendukung penuh secara optimal pencarian pesawat AirAsia.

"Kepada keluarga kita ikut mendoakan yang terbaik dan diberikan ketabahan menghadapi cobaan Tuhan Yang Maha Kuasa atas musibah ini," tutup Tjahjo.

Bos Virgin Air Richard Branson Beri Dukungan dan Kuatkan Tony Fernandes 


Hilangnya pesawat AirAsia QZ8501 menjadi perhatian berbagai kalangan di seluruh dunia. Termasuk pemilik Virgin Air Richard Branson yang mengutarakan keprihatinannya terhadap bos AirAsia Tony Fernandes yang merupakan sahabatnya.

Lewat akun twitternya @richardbranson pada Minggu (28/12/2014), Branson menyatakan dirinya juga memberikan kekuatan terhadap CEO Group Air Asia Tony Fernandes atas musibah yang menimpa AirAsia.

"All our thoughts with the passengers & crew of #QZ8501 & their families. Stay strong @tonyfernandes & all the wonderful @airasia team," ujar Branson seperti yang dikutip detikcom, Senin (29/12/2014).

Seperti diketahui, Richard Branson dan Tony Fernandes merupakan teman dekat walaupun keduanya sesama pengusaha airlines. Bahkan keduanya pernah bertaruh yang membuat Branson -- yang kalah dalam taruhan itu -- harus mau menjadi pramugari waria di maskapainya sendiri dan melayani Fernandes.

Pesawat AirAsia QZ8501 berjenis air bus A320-200 ini membawa 155 penumpang, yang terdiri atas 138 penumpang dewasa, ada 16 anak dan satu bayi. Ada pula kru pesawat yang terdiri dari dua pilot, empat awak kabin dan satu teknisi.

Cuaca Ekstrim Jadi Kendala Terbesar Pencarian AirAsia QZ8501 di Hari Pertama 

Pencarian pesawat Air Asia hari ini tidak membuahkan hasil karena tidak didukung cuaca tidak bersahabat. Seluruh unsur TNI/Polri dan Basarnas melakukan pencarian termasuk Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) Juanda.

"Kita tadi sudah lakukan penyisiran menggunakan dua pesawat tapi tidak membuahkan hasil karena tadi kita harus kejar kejaran dengan awan yang tidak bersahabat," kata Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal), Laksamana Pertama TNI Sigit Setiyanta pada wartawan di Puspenerbal Juanda, Minggu (28/12/2014) malam.

Ia mengungkapkan, pesawat TNI AL yang melakukan pencarian hanya mampu terbang dengan ketinggian 1.000-2.000 feet dengan jarak pandang 1 Km.

"Situasi di lokasi awan rendah, selama melaksanakan operasi pencarian hari ini kita belum berhasil menemukan," ungkapnya.

Selain itu, Sigit menyebut titik koordinat terakhir Air Asia hilang merupakan jalur penerbangan dan jalur laut yang banyak dilalui kapal.

"Tadi kita juga sudah melakukan pencarian menggunakan kapal dan bertemu banyak teman nelayan di sana karena merupakan jalur kapal," ungkap Sigit.


ELT Pesawat Air Asia Diduga Rusak


Pengamat Penerbangan Dudi Sudibyo menduga, Emergency Locator Transmitter (ELT) yang dimiliki Pesawat AirAsia QZ 8501 rusak.

Menurutnya, jika ELT tersebut berfungsi tentu petugas tidak akan kesulitan mencari pesawat berpenumpang 155 orang yang sampai saat ini belum ditemukan.

Artinya kata dia, pihak Basarnas tinggal mencari sinyal dari ELT Air Asia. Sebab, merujuk pada keterangan Basarnas, tidak mendapatkan sinyal dari ELT pesawat Air Asia.

"Nah ini yang menjadi pertanyaan kita kemana fungsi dari ELT, saya duga itu tidak berfungsi dan tidak bekerja," ujarnya kepada Okezone di Jakarta, Senin (29/12/2014).

Namun, dia berharap, pesawat tersebut dapat segera ditemukan oleh Basarnas.

Pesawat Air Asia QZ 8501 lepas landas dari Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur menuju Singapura. pada Minggu pukul 05.36 WIB. Seharusnya, penerbangan hanya memerlukan waktu sekira dua jam 20 menit untuk tiba di Bandara Changi. Namun, hingga kini kabar tentang keberadaan pesawat yang seharusnya tiba di Singapura pada pukul 08.30 waktu setempat tersebut belum diketahui dengan pasti.

Pengaturan Angin Ban Dalam

Agar nyaman dalam berkendaraan baik itu roda dua ,roda tiga ,dan empat atau lebih tentunya pengaturan angin ban dalam harus diperhatikan selain untuk menjaga daya tahan ban luar juga menahan daya tahan ban dalam tersebut.

Pengaturan Angin Ban Dalam disetiap mobil memiliki standarnya masing-masing.Jika tidak sesuai bisa-bisa malah menimbulkan masalah dan membahayakan keselamatan pengemudi ataupun orang lain. 

Ketidak tepatan dalam mengisi angin pada ban mobil bisa menimbulkan efek tidak nyaman saat berkendara, misalnya terjadi getaran pada mobil , oleng atau yang lainnya.


Memang Pengaturan Angin Ban Dalam harus dicermati agar ketidak nyamanan terhindar. Berdasarkan standar oabrik , tekanan angin setiap mobil berbeda-beda. tekanan pada ban yang baru dipasang jenis sedan atau station wagon seperti kijang berkisar antara 30-33 psi. untuk jenis mobil spot yang banya tipis 40 psi, sementara untuk jenis mobil pick up maupun mobil box memiliki tekanan yang berbeda , tergantung muatannya.mobil yang muatannya lebih dari satu ton , dianjurkan tekana pada roda belakangnya 50-70 psi, dan bandepannya 45 psi.


Pengaturan Angin Ban Dalam jangan dianggap sepele, tapi sebenarnya sangat penting. jika anginnya kurang dapat menyebabkan ban tidak awet dan cepat habis. Karena tekanan ban yang kurang menyebabkan dinding ban pecah-pecah dan umur ban yang biasanya satu setengah tahun hanya menjadi satu tahun saja.

Dan bila tekanan ban terlalu banyak menyebabkan ban menjadi keras, dan biasanya kurang nyaman karena tedapat getaran yang besar. tekanan ban yang berlebihan juga menyebabkan ban tidak awet. dan bisa saja menyebabkan ban pecah saat dikendarai karena mungkin terkena benda tajam atau pemuaian terhadap kondisi jalan yang panas.


Maka dari itu Pengaturan Angin Ban Dalam harus diperhatikan agar perjalanan aman , nyaman, dan terkendali.


Pedoman Isi Angin Ban Mobil Yang Tepat

Simpel dan mudah tapi kita sering kali melupakan hal yang satu ini, yaitu menjaga tekanan angin ban mobil. Pastinya sangat mudah, dan bisa dikerjakan tanpa harus repot. Cara paling murah dan mudah bawa saja ke tukang tambal ban pinggir jalan.

Siapkan uang “seceng” (Rp 1,000) untuk satu roda, artinya hanya butuh Rp 4 ribu rupiah untuk melakukan pengecekan di tukang tambal ban pinggir jalan. Yang penting pastikan tukang tambal ban pinggir jalan itu memiliki alat ukuran tekanan angin di ban.

“Pengecekan tekanan angin harus dilakukan minimal sebulan sekali. Karena normalnya tiap satu bulan, tekanan angin akan berkurang hingga 1 psi,” tambah Adang Apandi, Manager-Product Technical, PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban GT Radial dan IRC.

Dan pastikan kondisi tekanan angin di ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil. Biasanya bisa dilihat pada buku panduan atau di sticker peringatan di pilar pintu pengemudi. Tapi itu bila kondisi ban masih standar. Bagaimana bila ban sudah tidak pakai bawaan pabrik?

“Tentunya ada perlakuan khusus. Untuk ban high performance atau ban yang memiliki aspec ratio 40 series (45, 40, 35) sebaiknya tekanan anginnya dinaikan antara 10 hingga 15 persen dari rekomendasi pabrikan mobil,” jelas Adang yang mengaku patokannya ini juga sama seperti yang direkomendasikan pabrikan ban di Eropa.

Misalnya dari 30 psi menjadi 33 sampai 35 psi. Ban high performance seperti GT Radial Champiro HPY dianjurkan untuk mengapikasi tekanan angin yang agak tinggi atau menggunakan standar tekanan angin untuk ban high performance. Karena umumnya ban seperti ini memiliki grade kompon yang lebih tinggi dibandingkan ban standard.

Lalu bagaimana dengan ban yang aspec ratio atau ketinggian bannya masih sesuai rekomendasi pabrik tapi hanya berbeda diameter pelek?

“Selama masih memiliki aspec ratio yang tidak jauh berbeda dengan ban standarnya, misal 60 atau 65 serta diameternya sama. Masih bisa mengikuti rekomendasi tekanan angin yang diberikan oleh pabrikan mobil,” lanjut Adang.

Batas Toleransi Tekanan Angin Ban Motor


Tekanan Angin Ban itu jangan dianggap sepele. selain bisa membuat ban tidak awet dan kembangnya habis tidak rata, yang paling berbahaya adalah bisa menyebabkan kecelakaan. ban yang terlampau keras akan berbahaya ketika di tikungan, bisa tergelincir karena bidang ban yang menempel pada aspal itu sedikit, dan akan membuat ban cepat habis dibagian tengahnya.

Begitu juga dengan tekanan angin yang terlalu sedikit maka motor akan berat dikendalikan akan terasa tidak stabil / oleng. dan akan menimbulkan kembang habis bergelombang. Nah, sebetulnya berapa sih tekanan angin yang direkomendasikan. Untuk Ukuran Tekanan Angin Ban Sepeda Motor itu berbeda-beda setiap produk ban tersebut.

Sebagai contoh. 

Tekanan angin Ban IRC ukuran depan rekomendasinya 26 psi, dan untuk toleransinya adalah 3 psi atau maksudnya paling rendah 23 psi dan paling tinggi 29 psi. dan untuk Ban FDR di angka 29 psi, toleransinya 2 psi. yaitu di angka 27 psi dan 31 psi.

Ukuran Tekanan Angin Ban Sepeda Motor
Lalu berapa ukuran angin untuk ban dengan merk lainya, sebetulnya semuanya sudah tertera di bannya itu sendiri. atau di bungkus ban tersebut. anda biasanya melihat kode ban,

Sebagai contoh : 

di ban tertulis Max Load 375 LBS AT 32 P.S.I. Cold. artinya, kekuatan ban tersebut bisa menahan beban berat maksimal 375 Lbs atau + 170 kg. diketahui ( 1Lbs = + 450 gr ) pada tekanan angin ban 32 psi dengan kondisi ban dingin. nah dari situ kita bisa tahu kekuatan beban maksimal ban tersebut dan ukuran tekanan angin ban. jika kita tidak dalam membawa beban berat, dan ingin mengurangi sedikit tekanan angin ban, bisa mengacu pada toleransi yang dipakai di ban IRC atau FDR

Risiko ban motor kurang tekanan angin: ban pecah!

Jangan anggap sepele sering mengendarai motor dengan ban yang kurang angin. Salah satu risiko mengendarai motor dengan ban yang memiliki tekanan angin kurang adalah ban pecah!

Saat ban motor diisi dengan angin yang kurang dari standar tekanan angin yang direkomendasikan oleh pabrikan, bagian sidewall atau dinding ban mendapat tekanan yang lebih berat. Apalagi jika membawa beban berlebihan, tekanan terhadap dinding ban jadi lebih berat lagi.

Jika terus-menerus mendapat tekanan melebihi beban yang sanggup ditanggung oleh sidewall ban, benang-benang nylon yang jadi "tulang" ban bisa putus dan mengakibatkan ban pecah karena dinding ban sobek.

Bahayanya lagi, masih banyak yang beranggapan bahwa saat membawa beban berat justru Anda harus mengurangi tekanan angin ban motor karena takut pecah.


Batas Toleransi

Di ban merek IRC, toleransi atas bawah tekanan angin ban depan skubek 3 psi dari 26 psi. Artinya, ambang batas bawah 23 psi dan atas maksimal 29 psi.

Sedangkan tekanan angin ban depan FDR untuk semua jenis motor harian 29 psi. Batas tertinggi dan terendahnya 2 psi. Kalau begitu, setelan angin ban FDR 27 psi-31 psi.

Gimana seandainya tekanan angin kelewat rendah? Bentuk ban luar jadi bergelombang karena ada yang gak menyentuh aspal dan ban dalam bakal tergesek dengan ban luar,lama lama bakal bocor

Kalau kelewat tinggi tekanannya juga bikin ausnya ban tidak merata. Hanya bagian tengah saja yang habis.

Cara Vulkanisir Ban

Untuk Cara Vulkanisir Ban system dingin dan panas sama sama melewati tahap demi tahap dari proses tersebut, seperti:
 
1. Inspeksi awal (pemeriksaan awal ban sebelum masuk ruang produksi), kemudian
2. Proses Buffing (yaitu proses pemarutan/ pembuangan sisa telapak lama),
3. Proses repairing (proses penambalan pada ban yang terdapat lubang/ kerusakan kecil yang masih layak untuk di perbaiki),
4. Proses building (yaitu proses pemasangan tapak karet baru pada ban yang telah di parut)
dan langkah terakhir adalah proses pemasakan / proses inti, disini lah beda nya antara proses panas dan dingin.
http://dangstars.blogspot.com/2014/12/cara-vulkanisir-ban.html
Cara Vulkanisir Ban : menggunakan semacam lapisan karet yang disebut envelopes yang digunakan untuk menutupi casing/ badan ban yang akan dicetak sistem dingin, dan tentunya setelah melewati proses bulding, kemudian setelah itu ban yang telah di lapisi envelopes tersebut dimasukan kedalam ruangan mesin/ chamber yang berbentuk seperti kapsul besar, dan di press dengan tekanan dan suhu yang telah di sesuaikan dan dalam waktu yang telah di program, sehingga menghasilkan produk yang bermutu.
 
Cara Vulkanisir Ban Panas tidak di lapisi oleh envelopes, tetapi setelah ban melewati proses building dengan baik, maka ban tersebut dimasukkan ke dalam chamber / mesin yang berberntuk seperti kerang yang terbuka, dan kemudian ban tersebut akan di press dan di cetak melalui mesin tersebut pada waktu dan suhu yang telah ditentukan pula, sehigga mendapatkan hasil akhir yang baik.
(untuk vulkanisir dingin tapak vulkanisir tidak dicetak di dalam mesin seperti proses panas, karena tapak vulkanisir itu telah tercetak pada awalnya/ karet jadi, karena itu di dalam chamber dingin, ban hanya di press dan disatukan dengan badan ban dengan cara peningkatan suhu uap dalam mesin, sedangkan proses panas tapak dicetak di dalam mesin, karena karet tapak nya masih merupakan karet mentah, sehingga ketika proses pemasakan system panas, karet akan memuai dan mengikuti alur dari cetakan tersebut)


 
 
Sebelum dilakukan Vulkanisir Ban tentunya langkah awal dari semua proses Vulkanisir tentunya adalah divisi Pemeriksaan Ban ( Inspection).Disini saya tekankan bahwa divisi ini sangat fatal dan harus benar-benar teliti dalam pemeriksaan ban sebelum di Vulkanisir.

Selengkapnya


Divisi Buffing Vulkanisir

Setelah melewati Divisi Pemeriksaan Ban ( Inspection) Tahapan Proses Vulkanisir Selanjutnya Adalah Divisi Buffing Vulkanisir


Selengkapnya Divisi Buffing Vulkanisir



 
 
 
Pada Divisi ini adalah membersihkan luka-luka pada ban baik akibat luka benda tajam,bebatuan atau benda lainnya yang mengakibatkan luka pada permykaan ban

Selengkapnya Divisi Gerinda Tangan Vulkanisir (Skiving)



Divisi Repair Vulkanisir Ban

 
Langkah Proses Divisi Repair Vulkanisir Ban adalah merupakan Langkah selanjutnya setelah proses Divisi Gerinda Tangan Vulkanisir (Skiving)

Selengkapnya  Divisi Repair Vulkanisir Ban


 

 
DIVISI LEM BAN VULKANISIR ( Cementing )

Setelah selesai dari tiap divisi sebelumnya tentunya saatnya ban tersebut di lem agar cushion gum pada divisi Filling Dan Cushion gum dapat lengket

Selengkapnya DIVISI LEM BAN VULKANISIR ( Cementing )



DIVISI Extruder Vulkanisir (FILLING)

 
Divisi ini berhubungan erat dengan divisi skiving,karena luka bekas gerenda tangan tersebut,pada divisi ini akan diberikan atau disumbat dengan karet gum kemb ali hingga rata dengan permukaan ban

 
Divisi PEMASANGAN CUSHION GUM

Divisi Pemasangan Cushion Gum Vulkanisir adalah tahapan proses vulkanisir ban selanjutnya setelah DIVISI Extruder Vulkanisir tahapan ini adalah...

 
Selengkapnya Divisi Pemasangan Cushion Gum

 

DIVISI Pemasangan Karet Vulkanisir (Building)

 
Pada Divisi ini hal yang perlu diperhatikan adalah perataan terhadap sisi kiri dan kanan juga pada sambungan agar jumpa dengan alurnya

 
 
Maksud pemasangan plastic kaca adalah agar envelope tidak lengket terhadap ban.Sedangkan pemasangan kain (Flaps) tentunya untuk pembuiangan angina tau sirkulasi udara antara karet dan envelope
 
Selengkapnya Divisi Pemasangan Plastik Kaca dan FLAPS Vulkanisir

 
 
Divisi Pemasangan Envelope Vulkanisir

Pemasangan Envelope harus dibarengi dengan penggunaan Outers Envelope agar pemasangan envelope dengan Mudah  
 
divisi ini sangan dominan terhadap ban apa boleh diloloskan atau tidaknya kepada konsumen

Selengkapnya Tentang QC Final Inspection Vulkanisir


Dan inilah hasil dari Proses Vulkanisir
Demikian Sedikit Tentang Cara Vulkanisir Ban
Salam Vulkanisir